Jacksen: Mending Dukung Indonesia daripada Euro

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua hari lagi pergelaran Piala Eropa 2012 akan digelar. Kebanyak pecinta sepak tie sudah menentukan tim jagoan di ajang bergensi dua tahunan tersebut. Namun, Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, tidak latah. Dia memilih tidak menjagokan tim mana pun.

"Saya tidak memiliki tim jagoan (di Euro 2012)," jelas Jacksen kepada Kompas.com, Rabu (6/6/2012).

Alasan terbesar Jacksen karena dia tidak ingin mengkhianati negara asalnya, Brasil. "Masak saya jadi pengkhianat dan mendukung negara lain. Saya biasanya dukung state karena ikatan emosional dengan negara ini (Indonesia)," beber Jacksen.

Indonesia memang dianggap Jacksen sebagai negaranya sendiri. Maklum, Jacksen banyak menghabiskan kariernya sebagai pemain dan pelatih sepak tie di Indonesia. Dia mengawali kariernya di negeri ini dengan membela Petrokimia Putra pada 1994. Semusim bersama Pertrokimia, Jacksen memilih hengkang ke PSM Makassar dan kemudian Persebaya Surabaya.

Setelah dua musim membela "Bajul ijo", Jacksen hijrah ke Singapura dengan membela Geylang United FC. Namun, dia hanya betah setahun di Singapura. Dia kemudian memutuskan kembali ke Persebaya. Petrokimia menjadi klub terakhir yang dibela Jacksen sebelum memutuskan menjadi pelatih pada 2002.

Sebagai pelatih, Jacksen melalangbuana membesut klub-klub besar. Sebelum melatih Persipura, Jacksen pernah membesut Persebaya Surabaya, Persita Tangerang, Persiter Ternate, Mitra Kukar, dan Persitara Jakarta Utara. Karier Jacksen sebagai pelatih cemerlang bersama "Mutiara Hitam". Pelatih kelahiran 28 Mei 1968 tersebut sukses dua kali membawa Persipura tampil sebagai kampiun Asiatic Super League (ISL) pada 2008-09 dan 2010-11.

Seandainya nanti state melawan Brasil, tim mana yang akan didukung Jacksen? "Kalau state bertemu Brasil dalam modify apa paronomasia saya tetap 1000% mendukung negara saya (Brasil)," tegas Jacksen.

Share Tweet




Category Article

Tulis Komentar Anda... Website ini Dofollow

Copyrights @2011, Indowarta.org. Diberdayakan oleh Blogger.