Macam dan Pengertian Puisi

Pengertian Puisi
Pengertian Puisi ( dari bahasa Yunani kuno: ( poiéo/poió ) = I create ) adalah seni tertulis dimana bahasa  digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Penekanan pada segi estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, meter dan rima adalah yang membedakan Pengertian Puisi dari  prosa.Namun perbedaan ini masih diperdebatkan. Beberapa ahli modern memiliki pendekatan dengan mendefinisikan pusi tidak sebagai jenis literatur tapi sebagi perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreatifitas.

Baris-baris pada Pengertian Puisi dapat berbentuk apa saja ( melingkar, zigzag, dll ). Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukan pemikirannya. Pengertian Puisi terkadang juga hanya berisi satu kata / suku kata yang terus diulang-ulang. Bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat Pengertian Puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Tapi penulis selalu memiliki alasan untuk segala ' kenehan ' yang diciptakannya. Tak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah Pengertian Puisi. Ada beberapa perbedaan antara Pengertian Puisi lama dan Pengertian Puisi baru.


Namun beberapa kasus mengenai Pengertian Puisi modern atau Pengertian Puisi cyber belakngan ini makin memprihatinkan jika ditilik dari pokok dan kaidah Pengertian Puisi itu sendiri yaitu ' pemadatan kata'. kebanyakan penyair aktif sekarang baik pemula ataupun bukan lebih mementingkan gaya bahasa dan bukan pada pokok Pengertian Puisi tersebut. mereka enggan atau tak mau untuk melihat kaidah awal Pengertian Puisi tersebut.

Macam-macam Pengertian Puisi berdasarkan menurut zamannya Pengertian Puisi dibedakan menjadi Pengertian Puisi lama, Pengertian Puisi baru, dan Pengertian Puisi modern.


yaitu Pengertian Puisi yang yang sangat terkait oleh ketentuan banyaknya baris dalam satu bait, persajakan, dan irama. Macam-macam Pengertian Puisi lama

a. Mantra.

b. Pantun  dibedakan menurut isinya yaitu : - pantun anak-anak                   - pantun orang muda

                                                                               - pantun nasihat                         - pantun jenaka

                                                                                                                - pantun teka-teki

c. Karmina atau pantun kilat.

d. Talibun

e. Syair

f. Gurindam




yaitu Pengertian Puisi yang muncul pada Angkatan Pujangga Baru, karena pengaruh kesustraan Barat. Pengertian Puisi baru ialah Pengertian Puisi yang lebih bebas dalam dalam menggunakan irama ( persajakan ), lebih bebas dalam memilih kata, pernadingan-perbandingan dan irama. Bentuk Pengertian Puisi baru  berdasarkan jumlah barisnya :

a. Distikon ( puisi yang setiap batasnya terdiri 2 baris )

b. Terzina ( Puisi yang setiap batasnya terdiri 3 baris )

c. Kuatrain ( Puisi yang setiap batasnya terdiri 4 baris )

d. Quint ( Puisi yang setiap baitnya terdiri 5 baris )

e. Sextet ( Puisi yang setiap baitnya terdiri 6 baris )

f. Septima ( Puisi yang setiap baitnya terdiri 7 baris )

g. Oktaf/stansa ( Puisi yang setiap baitnya terdiri 8 baris )

h. Soneta ( Puisi 14 baris yang dibagi menjadi 2 kuatrain dan 2 tersina )

i. Pengertian Puisi Bebas ( Puisi yang tidak terikat oleh jumlah baris dan irama )

j. Pengertian Puisi Kotemporer ( Puisi yang menyimpang dari aturan penulisan Pengertian Puisi )

Pengertian Puisi berdasarkan isinya terbagi atas :

a. Balada

b. Elegi

c. Ode

d. Satire

e. Himne

f. Epigram

g. Romansa

Simak kisah Nyata memilukan di artikel Penyesalan Suami Akibat Pengabdian Istri


Pengertian Puisi modern atau Pengertian Puisi bebas muncul pada angkatan 45, dipelopori oleh Chairil Anwar. Pengertian Puisi modern atau Pengertian Puisi bebas tidak mengutamakan bentuk atau banyak baris dalam satu bait dan irama, ( persajakan ), tetapi lebih mengutamakan isi Pengertian Puisi.




Category Article

Tulis Komentar Anda... Website ini Dofollow

Copyrights @2011, Indowarta.org. Diberdayakan oleh Blogger.